Chitika

May 7, 2010

Suku di Minangkabau.

Suku Minangkabau terdiri dari banyak suku-suku didalamnya. Pemisalan yang serupa dengannya adalah seperti marga di suku Batak. Kalau pernah mendengar nama orang yang berakhiran kata Caniago, Koto, Piliang, Jambak, atau Sikumbang, maka hampir dipastikan orang itu adalah orang Minang. Akan tetapi tidak semua orang Minang menempelkan nama suku mereka di nama mereka. Bahkan umumnya orang Minang tidak menggunakannya dalam nama mereka. Tidak seperti suku Batak yang hampir selalu menempelkan marga mereka setelah nama mereka.

Di Minangkabau suku seseorang diturunkan menurut jalur ibu. Hal ini lah yang membedakannya dengan suku-suku lain di dunia yang umumnya menggunakan jalur keturunan ayah untuk suku. Sehingga kalau seseorang mempunyai banyak anak perempuan, maka jalur kesukuan dari sang ibu akan makin berkembang. Dan sebaliknya kalau banyak anak laki-laki, maka jalur kesukuan dari sang ibu akan menyempit.

Konon, terdapat 4 suku pertama Minangkabau yaitu Koto, Piliang, Bodi, dan Caniago. Kemudian berkembang beberapa suku-suku lain sehingga jumlah suku di Minangkabau berjumlah puluhan. Perlu diingat pula bahwa suku ini mencerminkan sistem kekeluargaan dan kekerabatan dan bukan sistem kekuasaan/masyarakat. Tidak dikenal adanya superioritas atas satu suku terhadap suku lain. Kekuasaan masyarakat tertinggi tetap berada di pemerintahan di nagari (daerah seukuran kelurahan/kecamatan) yang terdiri dari banyak suku. Di nagari ini masyarakat diatur oleh musyawarah dan mufakat dari pemuka-pemuka suku yang ada di nagari tersebut.

Bagi yang penasaran apa-apa saja nama suku di Minangkabau, berikut beberapa nama-nama suku yang ada di Minangkabau :

1. Tanjung
2. Pisang
3. Caniago
4. Sikumbang
5. Guci
6. Koto
7. Jambak
8. Payobada
9. Kutianyir
10.Petapang
11.Piliang
12.Simabur
13.Bodi
14.Pauh
15.Bendang
16.Panyalai
17.Jamin
18.Limo Panjang
19.Durian
20.Panai
21.Tigo Lareh
22.Pitopang
23.Dalimo
24. dst...

Chitika


HTML Hit Counters